dns static mikrotik untuk domain web server ClearOS

hai sob, rencana di postingan ini mau bikin web server dengan clearOS dan supaya memudahkan client untuk mengingat web server maka saya buatkan nama domainnya yaitu hikmahbanua.lan. topologinya seperti ini :

 

awal setingan pada clearOS adalah cuma mengaktifkan webserver (server --> web server) namun apa yang terjadi? ketika saya membuka browser mozilla dengan mengetikkan URL : hikmahbanua.lan, hasilnya adalah browser meredirect ke www.hikmahbanua.lan (problem loading page - server not found).



kemudian saya tes lagi mengakses webserver ini dengan mencoba mengetikkan ip address web servernya langsung yaitu 192.168.5.2, dan hasilnya... yeah!!! muncul sob. hmm kenapa ya??? bingung  huuu..



apa karena dnsnya ya? tidak bisa meresolve ip web server. saya masih bingung kemudian saya mencoba alternatif menggunakan dns static di mikrotik, saatnya remote mikrotik dengan winbox heehee ^_^, langsung saja ke menu ip --> dns --> klik tanda +(plus) merah.

isi bagian
name : hikmahbanua.lan
address : 192.168.5.2
TTL : 1d 00:00:00


oke setingan sudah dipersiapkan, saya buka lagi browser mozilla dengan mengetik URL : hikmahbanua.lan dah hasilnya wooowww!!!! sukses hehe


oke sob sampai disini dulu yaaa.. semoga membantu.
dns static mikrotik untuk domain web server ClearOS dns static mikrotik untuk domain web server ClearOS Reviewed by cangkal on 10.39 Rating: 5

3 komentar:

  1. Menyimak ja disini nah.

    Handak mancari urang nang bajual umpan kararangga... dulu

    BalasHapus
  2. Nice Blog, keep share bro... ^_^

    BalasHapus
  3. atas ane, bisanya cuma nyuruh orang lain share. dianya ambil keuntungan dari sharing orang lain.. :D

    BalasHapus

penulis senang dengan adanya pembaca yang meninggalkan jejak. :)

Diberdayakan oleh Blogger.