SIMDA Keuangan Amuntai berbasis WIFI dan VPN

SIMDA (Sistem Informasi Manajemen Daerah) untuk kota Amuntai kabupaten HSU (Hulu Sungai Utara) saat ini sudah menggunakan wifi (wireless) + VPN untuk tiap instansinya, hal ini sangat banyak memberikan manfaat untuk menggunakan aplikasi SIMDA tersebut.
manfaat yang didapat diantaranya adalah:
  • kemudahan mengelola data, sebelumnya SKPD (Satuan Kerja Pemerintah Daerah) yg mau input data, harus ke bagian keuangan, masing-masing membawa laptop kemudian cari kabel lan yang sudah disiapkan colok ke ethernet masing-masing. Sekarang tiap intansi sudah bisa menginput data di masing-masing instansi.
  • efisien waktu, sebelum menggunakan wifi selain harus mendatangi ke bagian keuangan, apabila colokan ethernet penuh terpaksa menunggu antrian untuk menginput data. Setelah adanya ini tidak perlu lagi mendatangi ke bagian keuangan  untuk input data dan tak ada lagi namanya mengantri.
SIMDA KEUANGAN, Aplikasi yang dikembangkan oleh BPKP Pusat untuk membantu Pemerintah Daerah dalam melaksanakan pengelolaan keuangan daerah dan berfungsi mengintegrasikan seluruh fungsi pengelolaan keuangan daerah dimulai dengan fungsi penganggaran, fungsi penatausahaan keuangan daerah, hingga fungsi akuntansi dan pelaporan. Kegunaan SIMDA diantara yaitu :
  • Membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan pengelolaan keuangan daerah (Penganggaran, Pelaksanaan, Pertanggungjawaban)
  • Menyusun Laporan Keuangan Lebih efisien dan akurat  
  • Menyimpan data keuangan untuk keperluan manajemen lainnya
  • Menyajikan informasi yang akurat secara efektif dan efisien yang akan digunakan oleh pengguna laporan
Perlu diketahui SIMDA berbasis wifi dan VPN yang ada di kota Amuntai adalah pelopor pertama untuk Propinsi Kalimantan Selatan. diharapkan untuk di kabupaten-kabupaten lainnya akan mengikuti langkah yang dilakukan oleh PEMDA Amuntai melihat tingkat efisien yang didapat.
berikut adalah gambar google earth titik instansi yang dikerjakan di Amuntai Tengah.


dan ini adalah gambar yang akan dilakukan pada tahap selanjutnya yaitu menghubungkan seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Hulu Sungai utara.


di bawah ini adalah beberapa perangkat yang digunakan untuk SIMDA Keuangan berbasis WIFI dan VPN.

nanostation2

usb wifi tplink

nanobridgeM2
RB433AH
switch cisco sf 300-48
sectoral ubiquiti
RB1100
power APN


 =======================================================
team project



SIMDA Keuangan Amuntai berbasis WIFI dan VPN SIMDA Keuangan Amuntai berbasis WIFI dan VPN Reviewed by cangkal on 12.12 Rating: 5

23 komentar:

  1. Wooww,, aku nang gaptek neh cuman bisa bilang "Mantaappp"

    Lanjtkaan

    BalasHapus
  2. moga sistem ini membuat kinerja pemda bisa lancar... serta keamanan informasi sistem ini bisa terjaga, amin :)

    BalasHapus
  3. @paunjunan : yeah mantap! hahahaa

    @gaptek : merendah terus si gaptek nih, makasih lah komengnya hehe ^_^

    @uzanks : amin.. thx sob doanya...

    BalasHapus
  4. wahh sorang neh kada paham soal kytu wkwkwkwkwk maklum GAptekkk sama kya yang di ataass cuman bisa bilang "MANTAP" (y)

    BalasHapus
  5. Mantap. dimana tempat follownya ya?hehe

    BalasHapus
  6. @lirik ayu ting-ting : thanks sob.. (y)

    @gratis info yazid : makasih sob folbeknya hehe

    BalasHapus
  7. kami di tanah bumbu masih pke wifi dalam satu gedung kami saja. bisa di share cara mengimplementasi wifi+vpn atau cp yang bisa di ajak kerja sama..

    BalasHapus
  8. @edy : halo edy salam kenal

    implementasinya mudah saja wifi digunakan untuk menghubungkan antar instansi (menggunakan mikrotik dan mengaktifkan fitur hotspot), dan topologi sistem terpusat. server simda keuangan berada pada di dinas keuangan. untuk aplikasi simda keuangan digunakan di tiap instansi. :)

    sedangkan vpn digunakan untuk memperkuat security nya sob ^_^

    kami siap diajak kerjasama apabila mas edy memang memerlukan

    BalasHapus
  9. Mantap nah blogg nya..salam kena

    BalasHapus
  10. @fiqi : iya salam kenal juga sob :)

    BalasHapus
  11. waduh ... sayangnya duit gasan nukar nang kaya itu gan ... coba kalau aplikasinya os ... mungkin kebih mudah ya ...

    BalasHapus
  12. Kalo boleh tau gan budget buat bikin topologi kaya gituan habis berap duit??? PM detail RAB ke mirza_yufie@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. by email om simda.keuangan@gmail.com

      Hapus
  13. sama kayak di atas mas, kira" budgetnya berapaan tuh..
    n RB outdornya mke type apa mas ma Antena nya ma???
    email: dhika.aldy@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. info lanjut kirim ke simda.keuangan@gmail.com

      makasih :)

      Hapus
  14. Perlu diketahui SIMDA berbasis wifi dan VPN yang ada di kota Amuntai adalah pelopor pertama untuk Propinsi Kalimantan Selatan. diharapkan untuk di kabupaten-kabupaten lainnya akan mengikuti langkah yang dilakukan oleh PEMDA Amuntai melihat tingkat efisien yang didapat. <---- Mantap, Selamat bro.

    BalasHapus
  15. Kemajuan komunikasi data pemkap yang luar biasa dan patut diacung jempol, sukses buat Kota Amuntai

    BalasHapus
  16. boleh tahu budgetnya berapa?? kalo berkenan kami anggarkan?? boleh tahu no yang bisa kami hubungi?? terimakasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa komunikasi by email pak. ke simda.keuangan@gmail.com

      terima kasih

      Hapus
  17. mantab...............bro........

    BalasHapus
  18. login passwordnya napa yo?

    BalasHapus

penulis senang dengan adanya pembaca yang meninggalkan jejak. :)

Diberdayakan oleh Blogger.