tips membeli handphone android


Salam blogger sekalian.
Mungkin sobat sekalian tahu bahwa tahun 2011 ini adalah tahunnya android. kalo nggak percaya silakan saja sobat jalan-jalan ke toko handphone, pasti disana sobat menemui handphone android dengan macam-macam merk, mulai dari handphone merk terkenal sampai handphone merk china, mulai dari harga yang murah sampai yang sangat mahal. Hal ini dikarenakan android adalah sistem operasi bebas atau open source sehingga para produsen handphone bebas untuk memasukkan android kedalam handphone buatanya, berbeda iOS atau BlackBerry OS yang hanya bisa digunakan sebatas handphone produksi mereka sendiri.



Saking banyaknya handphone yang menggunakan android terkadang kita sebagai pembeli menjadi sedikit bingung untuk memilih handphone yang mana ingin dibeli. Nah disini kami ingin berbagi beberapa tips membeli handphone android.

  1. belilah handphone yang sesuai kebutuhan dan dana anda, nah ini tips yang sangat penting karena terkadang kita membeli sesuatu melebihi dari kebutuhan kita dan tentu ini merupakan pemborosan. misalnya anda menggunakan handphone hanya ingin sebatas telpon, SMS, internetan, kirim email dan bukan orang yang memiliki mobilitas tinggi maka anda tidak perlu membeli handphone yang memiliki camera 8 MP, layar amoled dan memiliki teknologi gyroscope karena hal tersebut akan sangat menguras kantong. 


  2. menggunakan versi android terbaru, karena saat ini sistem operasi android untuk handphone sudah memiliki beberapa versi yaitu 1.5 (CupCake), versi 1.6 (Donut), Android 2.1 (Éclair), Android 2.2 (Froyo), Android 2.3 (Gingerbread) dan yang terakhir pada tulisan ini dibuat adalah versi 4.0 (Ice Cream Sandwich). karena sekarang handphone yang menggunakan android 4.0 (ice cream sandwich) masih sedikit dan agak mahal, jadi belilah handphone yang sudah menggunakan android 2.3 (gingerbread) atau android 2.2 (froyo). Dan jikapun terpaksa membeli handphone yang menggunakan versi dibawahnya misalnya masih menggunakan android 2.1 (eclair), maka pilihlah handphone yang bisa diupgrade ke android 2.2. karena setiap versi terbaru akan memberikan kinerja yang lebih baik.





  3. perhatikan CPU dan RAM..! hal ini juga penting karena semakin besar CPU dan RAM maka semakin cepat pula kinerja handphone android anda. makanya sebelum beli handphone buka sebentar http://www.gsmarena.com untuk mengetahui besarnya CPU dan RAM dari sebuah handphone. CPU 600 Mhz dan RAM 256 MB mungkin sudah lah cukup untuk kegiatan sehari-hari. tapi bagi anda yang senang main game maka akan perlu CPU dan RAM yang lebih untuk handphone anda.





  4. perhatikan juga type layarnya, karena ada 3 jenis layar yang biasanya digunakan untuk handphone android, yaitu: layar resisitif, layar kapasitif dan layar amoled. kalau menurut saya pilihlah handphone android yang menggunakan layar kapasitif karena sensitif terhadap sentuhan kulit jari sehingga mempermudah waktu mengetik keyboard. tapi bagi anda yang lebih suka menggunakan stylus (pena), maka pilihlah handphone android yang menggunakan layar resisitif. sedangkan layar amoled adalah layar yang bisa bekerja baik itu menggunakan jari atau stylus.





  5. belilah handphone android yang memiliki garansi dan customer service, terserah anda mau beli handphone yang murah atau mahal akan tetapi pastikan handphone tersebut memiliki garansi dan customer service. Dan akan lebih baik lagi jika kantor customer service ada di kota anda karena akan sangat membantu jika terjadi masalah atau kerusakan, dan juga seandainya handphone anda memiliki upgrade terbaru dan anda tidak tahu cara menguprade, kita tinggal datang kekantornya untuk minta bantuan upgrading pada customer service.
nah mungkin inilah beberapa tips yang bisa kami berikan. semoga berguna untuk anda yang ingin membeli atau memilih handphone android. jika anda memiliki tips lainnya kami harap bisa ikut berbagi  pada bagian komentar :).
sekian
tips membeli handphone android tips membeli handphone android Reviewed by cangkal 2 on 16.30 Rating: 5

16 komentar:

  1. nice info, nter deh klo ada kesempatan beli android.. hehehe ^0^v

    BalasHapus
  2. @shovya: beli aja sis, nggak bakalan nyesal dech.. hehe

    BalasHapus
  3. Aq udh pke android LG Optimus..lebih mantap drpd BB..;)

    BalasHapus
  4. @findydesign: ane malah nggak tertarik sama sekali dengan BB..

    BalasHapus
  5. BB lemot,g tau kalo android???kalo bagus,ane pilih Xperia SE..keren jugaa :)

    BalasHapus
  6. @emir: klo BBM nya sih kata orang sering gangguan gitu tp untuk masalah kinerja ane sendiri nggak pernah nyoba. klo android mah tinggal di tweak dikit jadi wush-wush jadi cepet gan kinerjanya gan. SE emank jago bikin tampilan HP yg trendy.

    BalasHapus
  7. Kalo gitu lego BB ahh,pindah android..hehe

    BalasHapus
  8. terimakasih gan,,,sangat bermanfaat sekali,,

    BalasHapus
  9. saia juga pernah mosting ttg ini juga :D
    android makin berjaya yak...?

    BalasHapus
  10. @emir: wkwkwkwk.. kesian BBnya di lego gan..
    @pras: terima kasih gan.. penulis senang jika postingannya bermanfaat
    @nova13: hehehe. Sepertinya ini memang tahunnya android berjaya

    BalasHapus
  11. kebelet pengen beli juga, tapi nunggu ngumpulin duit hehe

    BalasHapus
  12. @uzank: sabar aza gan, ntar juga kebeli kok... hehehehe

    BalasHapus
  13. Aku pake SE arc S. lancar jaya untuk game, foto2, dll.

    tp yg ga tahan, batrenya. ampun borosnya ga nahan..

    alhasil beralih ke galaxy s2. lumayan irit tuh batre, cz kapasitasnya besar..

    BalasHapus
  14. @anomim: wew galaxy s2, super smartphone tuh. ane juga pengen gan tapi cuman bisa ngimpi aza cz mahel banget.. hehehe

    BalasHapus
  15. kalau samsung galaxy s2 bs di upgrade sampai andrid yg tingkat brp? thangs

    BalasHapus
  16. @surya kencana: mungkin dalam waktu dekat akan ada upgrade ke android 4 (ice cream sandwicth)

    BalasHapus

penulis senang dengan adanya pembaca yang meninggalkan jejak. :)

Diberdayakan oleh Blogger.