atur ntp client dan clock pada mikrotik

Cuma ingin berbagi tentang mikrotik, alasan mengatur ini  karena default/standar jamnya mikrotik adalah tahun 1970 jadi supaya  pengaturan jam otomatis, maka diatur di bagian NTP client dan Clock di mikrotik tersebut. Apa itu NTP ? NTP adalah singkatan dari Network Time Protokol untuk lebih jelasnya klik disini .

Mula-mula kita menentukan time protokol yang ingin digunakan, karena kita tinggal di indonesia maka yang di gunakan adalah waktu indonesia, caranya buka google dulu lalu ketik "ntp server indonesia" pada pencarian pertama seperti contoh gambar dibawah yang di di tandai lingkaran id.pool.ntp.org adalah NTP untuk indonesia.




Setelah mengetahui itu, kita kemudian membuka winbox untuk meremote mikrotik. Lalu masuk pada bagian system > NTP Client atur ceklist enable, pilih mode unicast dan primary ntp server  diisi dengan id.pool.ntp.org. apply > OK.


NTP client sudah berjalan dengan lancar kemudian kita melanjutkan untuk seting jamnya mikrotik, yaitu ke menu sytem > clock. Pada tab Time ganti time zone name dengan bagian daerah masing-masing, contoh saya adalah bagian Asia/Makassar. yaitu WITA (waktu indonesia tengah). apply > OK.


nah, pengaturan sudah selesai. maka mikrotik sudah update dalam jamnya.
atur ntp client dan clock pada mikrotik atur ntp client dan clock pada mikrotik Reviewed by dani on 22.34 Rating: 5

3 komentar:

  1. makasih atas sharenya tapi gimana kalau di winboxnya ga ada menu untuk time zone name apa beda versi ? makasih sebelumnya

    BalasHapus
  2. seharusnya ada di System-Clock..
    Kalau g ada berarti packet firmware Mikrotiknya nggak lengkap..

    BalasHapus
  3. @venom : thanks ikut membantu menjawab ^_^

    BalasHapus

penulis senang dengan adanya pembaca yang meninggalkan jejak. :)

Diberdayakan oleh Blogger.