Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP)

Dynamic Host Configuration Protocol (DCHP) adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Sebuah jaringan lokal yang tidak menggunakan DHCP harus memberikan alamat IP kepada semua komputer secara manual. Jika DHCP dipasang di jaringan lokal, maka semua komputer yang tersambung di jaringan akan mendapatkan alamat IP secara otomatis dari server DHCP. Selain alamat IP, banyak parameter jaringan yang dapat diberikan oleh DHCP, seperti default gateway dan DNS server. DHCP merupakan ekstensi dari protokol Bootstrap Protocol (BOOTP) port UDP 67.


CARA KERJA :
 Karena DHCP merupakan sebuah protokol yang menggunakan arsitektur client/server, maka dalam DHCP terdapat dua pihak yang terlibat, yakni DHCP Server dan DHCP Client.
4 langkah dhcp-client mendapatkan ip dari dhcp-server :
  1. DHCPDISCOVER: DHCP client akan menyebarkan request secara broadcast untuk mencari DHCP Server yang aktif.
  2. DHCPOFFER: Setelah DHCP Server mendengar broadcast dari DHCP Client, DHCP server kemudian menawarkan sebuah alamat kepada DHCP client.
  3. DHCPREQUEST: Client meminta DCHP server untuk menyewakan alamat IP dari salah satu alamat yang tersedia dalam DHCP Pool pada DHCP Server yang bersangkutan
  4. DHCPACK: DHCP server akan merespons permintaan dari klien dengan mengirimkan paket acknowledgment. Kemudian, DHCP Server akan menetapkan sebuah alamat (dan konfigurasi TCP/IP lainnya) kepada klien, dan memperbarui basis data database miliknya. Klien selanjutnya akan memulai proses binding dengan tumpukan protokol TCP/IP dan karena telah memiliki alamat IP, klien pun dapat memulai komunikasi jaringan.
Catatan: DHCP server harus memiliki alamat IP yang statis.

ISTILAH-ISTILAH DHCP :
  1. dhcp-scope : jumlah ip yang disewakan oleh dhcp-server kepada dhcp-client
  2. dhcp-lease : lamanya waktu yang disewakan oleh dhcp-server kepada dhcp-client
referensi disini
Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) Reviewed by dani on 02.36 Rating: 5

Tidak ada komentar:

penulis senang dengan adanya pembaca yang meninggalkan jejak. :)

Diberdayakan oleh Blogger.